Assalamu'alaikum ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Nurisfm Network

DONASI DAKWAH RADIO/TV KOMUNITAS NURISFM

Naskah tentang Ilmu Agama Islam dalam media ini diambil dan disusun dari berbagai sumber. Tidak tercantumnya sumber dan penulis, bermaksud untuk penyajian ilmu yang 'netral' semata. Mudah-mudahan menjadikan amal baik bagi penulisnya dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kelemahan dan kekurangan serta segala yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan. Apabila ada pihak yang keberatan atau merasa dirugikan dimohonkan menghubungi Pengurus Nurisfm. Dan untuk naskah-naskah ilmu pengetahuan umum, Insya Allah akan dicantumkan sumber dan atau penulisnya. Mohon Maaf sebelumnya, sekian dan terima kasih ^-^

4 Langkah Membaca & Menerjemah Kitab Gundul Metode Assasakiy

Written By rudi anto on Senin, 09 April 2012 | 14.35


Fenomena semakin menguatnya animo masyarakat muslim saat ini terhadap ilmu-ilmu keislaman sangat menggembirakan semua pihak. Terbukti dengan ramainya setiap kajian, majlis taklim, dengan Thalib al-‘Ilm (jamaah pengajian) dari berbagai profesi dan starata social masyarakt muslim, buku-buku terjemahan karya ulama sangat digandrungi bahkan mengalami peningkatan yang sangat baik disbanding decade sebelumnya.

Animo tinggi yang dimiliki masyantkat muslim saat semestinya dan sepatutnya diimbangi dengan berbagai upaya untuk mewujudkan sistem pengajian 'Ulum Syar'iyah (ilmu-ilmu Agama) berbasis bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab.

Berbeda dengan buku-buku bahasa arab lainnya, buku ini menggunakan pendekatan "rumus-rumus” dalam mendekatkan pemahaman pembaca sebelum lebih jauh memasuki ranah kaidah¬-kaidah bahasa arab. Pendekatan-pendekatan rumus yang digunakan dalam buku ini, sekali lagi merupakan "pendekatan antara" dan tidak mutlak, karena semata untuk mempermudah para pemula.

Pembaca budiman, buku ini berjudul; Empat Langkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul (Metode As¬Sasakiy), yang disusun menjadi dua bagian;
Bagian Pertama: Ilmu Nahwu Dasar
Mencakup pembahasan tentang Ilmu Nahwu Dasar yang meliputi: Empat Langkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul, Beberapa Istilah yang Harus Diketahui, Langkah Pertama: Bacalah dengan Kasrah, Huruf Jarr dan Qasam, Idhafah, Tawabi',
Langkah Kedua: Bacalah dengan Dhammah (Marfu), Naibul Fa'il, Mubtada, Khabar Mubtada, Isim Kana, Khabar Inna, Tawabi', Fi'il Mudhari Marfu',
Langkah Ketiga: Bacalah dengan Manshub, Maf'ul Bihi, Maf'ul Fihi, Maf'ul Liajlihi, Maf'ul Muthlak, Maf'ul Ma'ah, Hal, Tamyiiz, Mustatsna, Khabar Kana, Isim Inna, Munada, Tawabi', Fi'il Mudhari' Manshub,
Langkah Keempat: Bacalah dengan Majzum, Fi'il Mudhari Majzum, Af' al-al-Khamsah, dan Latihan Membaca Kitab Gundul.
Bagian Kedua Ilmu Sharaf Dasar
Bagian kedua ini membahasa seputar ilmu Sharaf Dasar yang meliputi pembahasan tentang dhamir, awzan Tsulatsi Mujarrad, Tsulatsi Mazid, Ruba'i Mujarrad, Ruba'i Mazid dan Mulhaqaat.

Teriring do'a, semoga Allah yang Maha Hidup, Pemilik 'Arasy yang Agung, berkenan menerima upaya ini dengan penerimaan yang baik, juga dijadikan sebagai ilmu yang bermanfaat, mampu mempermudah para penggunanya dalam memahami dan mempelajari bahasa agama mereka (bahasa arab) dan berkenan menyimpan ganjarannya bagi penulis pada hari kiamat kelak.

Komentar Pembaca:
”Buku Empat Langkah Membaca dan Menerjemah Kitab Gundul ini benar-benar menyajikan cara belajar bahasa Arab yang mudah dan sistimatis”. Sugiyarno (Karyawan PT. SHARP SEMICONDUCTOR INDONESIA KARAWANG)
”Buku ini memuat pendekatan rumus. Belajar Bahasa Arab menjadi lebih mudah dan lebih bersemangat, serta dapat menghilangkan kesan bahwa bahasa arab itu sulit”. Ari Priana (Guru di Bekasi)
”Menurut Ana/aku buku ini memaparkan metode yang baru namun sangat cepat membantu dalam proses memahami kaidah bahasa arab. Haroza Andeska (Karyawan SPBU)
”Ana ingin metode pembelajaran ini benar – benar diperluas sehingga teman teman Ana dan kaum muslimin pada umumnya dapat menjadikan bahasa Arab ini sebagai tolak ukur muslim seutuhnya insya Allah”. Andri Sugianto (Karyawan PT. CAKRA KG )

Bagi Sahabat ynag ingin memiliki Buku ini bisa menghubungi Admin di HP 085716863625
Harga: Rp70.000
Pengarang: Abu Hilya Salsabiila
Penerbit: UKHUWATUNA
Berat: 0,7 kg

0 komentar:

Poskan Komentar